Tingkatkan Kesadaran Warga, DLH KSB Siapkan Bak Penampung Sampah

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), terus mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat, terutama saat berada pada lokasi berkumpul, baik itu taman Tiangnam maupun saat mengikuti Car Free Day yang dilaksanakan setiap bulan dalam kawasan Kemutar Telu Center (KTC).

Salah satu upaya yang dilakukan DLH KSB dengan menempatkan bak penampung sampah pada sejumlah kawasan dimaksud. “Kami minta masyarakat ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah pada sembarang tempat, sehingga pada lokasi strategis atau berkumpul sengaja disiapkan bak yang menjadi penampung sampah,” kata Mars Anugerainsyah, M.Si selaku sekretaris DLH KSB.

Upaya penempatan bak penampung sampah diyakini akan mengurangi sampah yang berserakan dilokasi kegiatan, namun keyakinan itu bisa terealisasi selama masyarakat sebagai pengunjung memiliki komitmen bersama menjaga lingkungan. “Penempatan bak sampah itu sendiri sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan,” lanjutnya.

Diingatkan Mars sapaan akrabnya, produksi sampah yang terjadi saat pelaksanaan Car Free Day setiap bulan cukup tinggi, sampai petugas harus bekerja ekstra dengan melibatkan banyak orang. “Jumlah sampah plastik yang paling dominan setiap acara bulanan itu, sehingga berharap para pengunjung tidak lagi membuang sembarangan,” harapnya.

Masih keterangan Mars, dalam rangka meningkatkan kesadaran warga membuang sampah, pihaknya akan meminta pelaksana kegiatan untuk sering memberikan himbauan dan informasi keberadaan bak penampung sampah, sekaligus mengajak untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. “Kami akan koordinasi dengan pelaksana kegiatan, supaya menyampaikan himbauan untuk membuang sampah pada tempat yang disediakan,” tuturnya.

Penempatan bak penampung sampah pada lokasi strategis sebenarya sudah dilakukan DLH KSB selama ini, namun bak yang disiapkan justru dirusak dan bahkan ada yang dengan sengaja mengambil. Buktinya, semua bak penampung sampah sudah tidak ada lagi dilokasi, sehingga bak yang terpasang baru sekarang ini terpaksa dirantai. **