Rencana Akhir Agustus, Disparpora KSB Akan Melaksanakan POPKAB

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (KSB), berencana akan melaksanakan Pekan olahraga Pelajar tingkat Kabupaten (POPKAB) pada akhir Agustus mendatang, lantaran saat ini sedang fokus mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) untuk upacara hari kemerdekaan.

“Pelaksanaan POPKAB terpaksa kami undur dulu dan sudah dikomunikasi serta berkoordinasi dengan Ikatan Guru Olahraga (Igornas) selaku pihak yang akan menjadi mitra untuk pelaksanaan POPKAB, agar perhelatan diundur sampai akhir Agustus mendatang,” aku Indra Jaya S.Pt, M.Si selaku kabid Pora, saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Untuk waktu pelaksanaan, Indra Jaya belum dapat memberikan kepastian, lantaran pihaknya masih harus melaksanakan rapat persiapan bersama dengan jajaran igornas, baik untuk penetapan waktu maupun lokasi serta Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan. “Dalam perencanaan, ada 6 cabor yang akan dipertandingkan,” akunya.

Indra Jaya berharap usai pelaksanaan upacara 17 Agustus mendatang, pihaknya bersama Igornas sudah dapat melaksanakan pertemuan untuk membahas semua hal, termasuk petunjuk tekhnis pelaksanaan POPKAB tersebut. “Penentuan waktu akan bersamaan dengan pembahasan tekhnis dari semua cabor yang akan dipertandingkan,” lanjutnya.

Sebagai informasi awal, POPKAB yang akan dipertandingkan itu adalah wakil dari masing-masing kecamatan, dimana atlet diambil dari pelajar yang berada dalam wilayah kecamatan tersebut. “Bisa saja sambil menunggu waktu pelaksanaan, dapat dilakukan seleksi atau pencarian bakat pada masing-masing cabor, sehingga bisa lebih siap menghadapi perhelatan,” urainya.

Terkait dengan cabor yang akan dipertandingkan, Indra Jaya juga mengaku masih harus dibahas bersama dengan penyelenggara (Igornas), namun yang pasti tidak berbeda dengan cabor untuk tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), karena memang yang menjadi juara akan mewakili KSB pada tingkat provinsi. “Biasanya cabor yang dilaksanakan adalah pertandinga bola voli, sepak bola, silat dan bulu tangkis,” bebernya. **