Kejaksaan KSB Gelar Rakor Antisipasi Radikalisme dan Terorisme

Taliwang, – Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa Barat (Kejaksaan KSB), telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama sejumlah komponen yang tergabung dalam tim pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat (PAKEM), untuk membahas langkah antisipasi dari paham radikalism dan terorisme.

Kepala Kejaksaan KSB Dr. Titin Herawati Utara, SH, MH melalui keterangan resmi yang disampaikan Rasyid Yuliansyah, SH, MH selaku Kasi Intelijen menegaskan, rakor pakem yang dilaksanakan menjadi agenda rutin tahunan dan pada tahun ini difokuskan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait radikalisme dan terorisme.

Lanjut Rasyid, kegiatan PAKEM itu sendiri berdasarkan instruksi Jaksa Agung, dimana telah memberikan perhatian khusus untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait radikalisme dan terorisme. Hal itu juga sebagai upaya meminimalisir gerakan terorisme. “Kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai bentuk persiapan menghadapi situasi politik, agar bisa mengingatkan seluruh masyarakat, jika momentum itu bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” lanjutnya.

Rasyid juga menyampaikan materi dalam rapat koordinasi PAKEM tersebut mengenai pengertian radikalisme dan terorisme, sejarah radikalisme, terorisme di Indonesia, ciri-ciri radikalisme, faktor yang mempengaruhi munculnya radikalisme, contoh radikalisme dan cara menangkal radikalisme.

Kepala bidang Kewaspadaan Dini dan Ketahanan Nasional Badan Kesbangpol KSB Gusnaini, S. Pd., M. Pd menginginkan agar setiap laporan dari kegiatan pakem harus keluar dengan satu narasi dan sumber yang satu. Kewaspadaan dini merupakan tindakan yang harus kita antisipasi terutama di daerah industri. Karena tidak menutup kemungkinan Kamtibmas di sana akan terganggu dengan kedatangan tamu dari luar yang membawa adat istiadat dan budaya yang berbeda.

Ia berharap kepada semua peserta yang hadir untuk tetap mengawasi kegiatan masyarakat dan pencegahan dini harus ditingkatkan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PAKEM. Tindak lanjut kedepan agar tim pakem bisa bekerja dengan maksimal. **