Pastikan Kualitas, DPUPR KSB Ingatkan Seluruh Rekanan Pekerjaan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), memastikan telah terproses tender untuk penunjukan rekanan pekerjaan jalan, termasuk mengingatkan agar selalu memperhatikan kualitas atas akses tersebut.

“Rekanan yang mendapatkan pekerjaan melalui proses tender sudah langsung diingatkan untuk memperhatikan kualitas proyek. Untuk menjamin kualitas akan dilakukan pengawasan secara ketat oleh tim DPUPR KSB,” aku Armayadi, ST selaku kabid Bina Marga sebagai penanggung jawab untuk pekerjaan jalan dan jembatan.

Memberikan peringatan untuk memperhatikan kualitas proyek harus dilakukan DPUPR KSB, terutama saat dilakukan penandatanganan Surat Perintah Pekerjaan (SPK). “Kami sebenarnya sudah yakin, jika semua rekanan pasti mengedepankan kualitas sebuah pekerjaan yang dipercayakan, namun memberikan peringatan secara langsung juga penting,” lanjutnya.

Masih keterangan Armayadi, dihadapan rekanan yang mendapatkan kepercayaan melalui proses tender proyek juga diingatkan, bahwa DPUPR KSB tidak akan memberikan penambahan waktu, apalagi akibat kelalaian dari rekanan itu sendiri. “Kami berupaya tidak ada penambahan waktu pekerjaan, kecuali ada kejadian luar biasa (force major) yang menjadi dasar,” timpalnya.

Terkait dengan pekerjaan jalan, Armayadi mengaku cukup banyak paket pekerjaan untuk tahun ini dan informasi yang diterima dari bagi Unit Layanan Pengadaan (ULP), jika proses penunjukan rekanan sudah tuntas. “Sudah ada semua perusahaan pemenang, jadi kita tunggu waktu mulai pelaksanaan supaya dapat diawasi secara bersama-sama,” ungkapnya.

Selain menyampaikan harapan kepada para rekanan, Armayadi juga mendorong masyarakat untuk ambil bagian sebagai pengawas secara langsung, terutama dalam memberikan dukungan supaya proses pekerjaan dapat berjalan lancar. “Semua pekerjaan akan tuntas sesuai waktunya, jika masyarakat ikut membantu dengan tidak menghalangi semua proses pekerjaan,” tegasnya.

Pantauan media ini pada sejumlah lokasi, jika sudah ada beberapa pekerjaan yang sedang dalam proses penyelesaian atau sedang dikerjakan, terus juga dilokasi terlihat alat berat dan sarana pendukung lainnya. Hal itu membuktikan pihak pelaksana sudah siap memulai pekerjaan. **