Mariati : Dinas Arpus KSB Terus Berupaya Meningkatkan Minat Baca

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), terus berupaya untuk bisa meningkatkan minat baca masyarakat secara umum dan khususnya para pelajar, sehingga berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan.

“Berbagai inovasi telah kami lakukan untuk mengajak pelajar khususnya, supaya menjadikan kebiasaan membaca buku apa saja sesuai kegemaran masing-masing. Salah satu cara yang dilakukan dengan mendekatkan layanan bacaan menggunakan mobil perpustakaan keliling,” kata Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan.

Disampaikan Mariati, pada sejumlah tempat berkumpul masyarakat dijadikan kesempatan baik bagi Dinas Arpus untuk mengajak para pelajar mau membaca. “Bisa dilihat setiap ada acara yang menghadirkan banyak orang, pasti ada mobil perpustakaan keliling yang sengaja terparkir untuk memberikan layanan baca kepada siapa saja,” lanjutnya.

Inovasi lain yang masih terus dilaksanakan sampai saat ini adalah, program kelas kecil atau pembelajaran secara langsung antara nara sumber dengan pelajar itu sendiri. Kegiatan itu sendiri diyakini telah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan minat belajar dan baca pelajar. “Kami masih terus melaksanakan program kelas kecil, karena dilokasi itu sendiri langsung dirangkai dengan membaca buku bersama-sama,” tuturnya.

Mariati mengakui bahwa meningkatkan minat baca bukan pekerjaan mudah dan hal itu bukan menjadi tanggung jawab mutlak pemerintah melalui Dinas Arpus, tetapi harus dimaknai sebagai tanggung jawab bersama, baik itu satuan pendidikan, orang tua dan komponen lain masyarakat. “Perlu ada komitmen bersama dalam rangka meningkatkan minat baca,” tegasnya.

Sebagai informasi penting, ada beberapa tips untuk menumbuhkan minat baca yang perlu diketahui, diantaranya, mengalokasikan waktu khusus untuk membaca buku, membeli buku setiap pekan, manfaatkan waktu menunggu untuk membaca, memiliki list buku populer, biasanya membaca sebelum tidur, membuat target membaca dan juga bergabung dengan komunitas baca. **