Ayo Membaca, Dinas Arpus KSB Ajak Sekolah Kunjungi Perpustakaan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), mengajak satuan pendidikan (Sekolah, red) untuk mengunjungi perpustakaan, agar bisa langsung membaca buku yang menjadi koleksi.

“Kami butuh peran langsung pihak sekolah dalam rangka meningkatkan minat baca. Salah satu cara dengan mendatangi perpustakaan supaya anak didik bisa melihat buku yang disukai dan dapat langsung dibaca,” kata Mariati S.Adm selaku kabid perpustakaan.

Masih keterangan Mariati, dalam beberapa hari terakhir ini ada sejumlah sekolah yang memanfaatkan kesempatan dengan mendatangi perpustakaan. Sekolah dimaksud adalah Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina kecamatan Taliwang dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Moteng kecamatan Brang Rea. “Ayo tingkatkan minat baca dengan mendatang perpustakaan,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Mariati mengakui juga bahwa pustaka yang dimiliki sudah bisa memancing anak untuk mau membaca, tinggal diberikan kesempatan mendatangi ruang baca milik perpustakaan. “Kami sudah sampaikan kepada pihak satuan pendidikan, agar menyiapkan waktu untuk mendatangi perpustakaan bersama anak didik supaya bisa langsung membaca,” urainya.

Terkait dengan kunjungan ke perpustakaan, Mariati meminta pihak sekolah untuk mengajukan permohonan terlebih dahulu, agar tidak tumpang tindih dengan jadwal sekolah lainnya. “Setiap sekolah yang ingin mengunjungi perpustakaan pasti akan direspon, hanya saja harus diatur jadwal supaya lebih teratur dan saat kunjungan bisa lebih leluasa memanfaatkan lokasi dan ruang baca,” tuturnya.

Dalam hal meningkatkan minat baca pelajar, Mariati memastikan tetap akan melaksanakan program ‘Kelas Kecil’, karena telah merasakan manfaatkan. “Sampai akhir tahun ini, masih akan dilaksanakan program kelas kecil, namun untuk waktu dan tempat sedang disusun kembali, karena sekolah yang mengajukan minat tidak sedikit,” ucapnya. **