Susun Rencana Induk PIK, Pemerintah KSB Gandeng ITS Surabaya

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berencana menyusun rencana induk Pembangunan Industri Kabupaten (PIK). Untuk memastikan alur dan prosedurnya, telah menggandeng Insitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Sebagai tahapan awal, telah digelar Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti seluruh perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Kegiatan ini sebagai momentum bagi pihak ITS untuk menghimpun potensi industri yang ada di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB yang ikut hadir dalam FGD tersebut.

Masih keterangan H Firin sapaan akrab Bupati KSB, jika dibutuhkan keseriusan seluruh kita semua sebagai pemerintah untuk menyongsong era industri di KSB. “Pemerintah harus sangat serius mempersiapkan diri, karena kalau tidak dipersiapkan dengan baik arah industri, maka kedepannya tidak akan teratur,” lanjutnya.

Diingatkan H Firin, sebuah industri harus jelas arahnya kemana, dan harus kita persiapkan dari awal, jangan ujung ujung kita main klaim dan kita tidak boleh multitafsir terhadap industri, apalagi sampai mengklaim usaha masyarakat yang telah berjalan,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan bahwa, industri itu tidak harus pakai mesin, dan ada pabrik. Setiap sesuatu yang kita usahakan, harus ada peningkatan nilai tambahnya. Katakan saja sektor pertanian. Kalau kita di KSB sudah terbiasa dengan produksi beras, tetapi nilai tambahnya sedikit, dibandingkan misalnya kita memproduksi benih, dan dengan sendirinya orang-orang akan datang ke KSB untuk mencari benih. “Mau tidak mau suka tidak suka daerah industri harus kita picu. Sumber daya alam kita melimpah. Dengan adanya sektor pertambangan, kita harus perkuat hilirisasi industri dari PT AMNT,” urainya

Dikesempatan itu H Firin mengajak seluruh peserta FGD, agar apa yang ada diketahui dapat disampaikan pada pertemuan ini, sehingga tim dapat menjadikan sebagai saran dan masukan dalam penyempurnaan. ”Manfaatkan momentum ini untuk menyampaikan pendapatan dan saran dalam rangka penyempurnaan rencana induk PIK,” terangnya. **