DPMD KSB Akui Perwakilan BPD Sudah Ikut Bimtek dan Study Tiru

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) membenarkan, jika telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus bagi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sekaligus melakukan study tiru di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Bimtek khusus bagi anggota BPD KSB hasil rekrut tahun 2023 itu, adalah sebuah upaya untuk memberikan tambahan pengetahuan serta kompetensi sebagai wakil masyarakat di Desa dan semoga ilmu yang diterima itu dapat langsung diterapkan,” kata Rizki Syaputra S.Ip, MM.Inov selaku kabid pemerintah Desa yang ikut dalam rombongan tersebut.

Lanjut Rizki sapaan akrabnya, harapan besar kepada anggota BPD yang telah mengikuti Bimtek, dapat mengetahui secara baik tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), sehingga bisa membantu Kepala Desa (Kades) dalam membangun desa. “BPD juga ikut bertanggung jawab dalam mempercepat dan menata pembangunan desa,” lanjutnya.

Jika mengacu dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.110/2016, ada beberapa tugas dari anggota BPD, yaitu, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Selain itu juga, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah Desa, membentuk panitia pemilihan Kepala Desa, menyelenggarakan musyawarah Desa khusus untuk pemilihan Kepala Desa antarwaktu, melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya; dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Diakui juga oleh Rizki, rombongan melaksanakan study tiru dalam rangka pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di desa Pujon Kidul, termasuk mendapatkan penjelasan tentang cara mengurus dan mengatur lembaga penyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) tersebut. “Bimtek dan studi tiru telah dilaksanakan dan semoga ilmu yang diterima sangat bermanfaat,” harapnya. **