Tahapan Seleksi Administrasi, Pelamar PPPK KSB Capai 2.360 Orang

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengklaim, telah tuntas melakukan seleksi administrasi terkait perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023.

Hasil seleksi administrasi itu sendiri diketahui, jika jumlah pelamar sebanyak 2.360 orang, dimana yang mengikuti jalur teknis sebanyak 1.352 orang, pelamar guru sebanyak 318 orang dan dan pelamar untuk tenaga kesehatan sebanyak 690 orang. “Seleksi administrasi sudah selesai dan tinggal menunggu pengumuman saja,” kata H Abdul Malik Nurdin, S. Sos, M. Si selaku kepala BKPSDM KSB.

Masih keterangan H Malik sapaan akrabnya, setelah pengumuman akan dilanjutkan dengan tahapan atau kesempatan bagi pelamar menyampaikan sanggahan, terutama yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). “Ada waktu 3 hari atau terhitung 19-21 Oktober untuk mengajukan sanggahan,” lanjutnya.

Diingatkan H Malik, pihaknya sekarang ini belum bisa menyampaikan jumlah pelamar yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), karena bisa saja dalam tahapan sanggahan ada penambahan dan pengurangan. “Direncanakan pada akhir Oktober nanti sudah bisa diumumkan data final peserta seleksi PPPK secara menyeluruh,” ungkapnya.

Begitu juga soal jadwal pelaksanaan seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT), H Malik mengaku bahwa akan ada pembahasan lebih lanjut dalam rangka penetapan waktunya, namun dalam perencanaan awal pada awal November mendatang. “Seleksi dilaksanakan secara nasional, jadi tetap menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” urainya.

Dikesempatan itu H Malik berharap dalam seleksi PPPK tahun ini, bisa terisi semua formasi yang dibutuhkan, mengingat jumlah pelamar melebihi kouta yang ditetapkan BKN. “Kita memiliki kouta untuk tiga kategori itu sebanyak 1.159 formasi, sementara pelamar sebanyak 2.360 orang,” tuturnya. **