Saat Apel Syukur, Tim Monev KSB Umumkan Kecamatan Terbaik

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui tim Monitoring dan Evaluasi (Monev), telah mengumumkan kecamatan terbaik dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Pengumuman itu sendiri dilakukan sesaat sebelum pelaksanaan Apel Syukur pada Jumat 20/10 kemarin.

Drs Mulyadi M.Si selaku ketua tim Monev menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan sebenarnya bukan sebuah lomba, tetapi pemerintah kabupaten ingin memastikan pelayanan yang diberikan pemerintah kecamatan sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan memperhatikan Standar Pelayanan Minimal (SPM). “Penentuan kecamatan terbaik bukan berarti lomba, tetapi lebih pada ajakan dan motivasi,” ucapnya saat didampingi Drs Abdul Razak selaku sekretaris tim.

Selain itu juga, pemerintah kabupaten ingin melihat secara langsung bahwa pemerintah kecamatan telah menerapkan kinerja pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan, efektif dan efisien yang menjadi tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (Good governance), termasuk percepatan reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good local governance) untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Dikesempatan itu disampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua jajaran pemerintah kecamatan, lantaran telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kecamatan yang dinyatakan terbaik saya ucapkan selamat dan terus meningkatkan layanan, termasuk yang tidak berkesempatan mendapatkan hadiah dari kegiatan monev PATEN,” lanjutnya.

Sementara Abdul Razak memastikan, jika penilaian dalam rangka penentuan kecamatan terbaik diyakini sangat obyektif, lantaran tim penilaian dari independen, baik perwakilan civitas akademika maupun media. “Kami ingin mendapatkan penilaian secara obyektif, agar bisa mengetahui kekurangan dalam pelayanan dari pemerintah kecamatan,” ungkapnya.

Abdul Razak yang kini mejabat sebagai Kabag pemerintah itu mengakui, jika ada beberapa catatan kritis dari masing-masing dewan juri. hal itu semua akan disampaikan pada masing-masing kecamatan, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan sebagai bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat. **