Bawaslu KSB Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Taliwang, – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat (Bawaslu KSB), telah menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Dimana peserta yang dihadirkan adalah perwakilan dari seluruh karang taruna.

“Bawaslu KSB membutuhkan peran semua pihak dalam rangka melakukan pengawasan pemilu secara partisipasi. Ajakan itu akan melibatkan semua pihak sampai pada tingkat Desa, hanya saja diawali sekarang ini perwakilan para karang taruna,” kata Karyadi, SE selaku komisioner Bawaslu KSB.

Disampaikan Karyadi, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dihadapan perwakilan karang taruna adalah tahapan dari proses persiapan Bawaslu sebagai pengawas jalannya pemilihan umum dan pertisipatif masyarakat dalam pengawasan. “Bawaslu menjadi pengawas dan masyarakat akan ikut berperan dalam pengawasan,” tandasnya.

Diingatkan Karyadi, Pemilu serentak tahun 2024 mendatang meliputi pemilu legislatif atau untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada semua tingkatan, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pada saat yang sama, Indonesia juga akan menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakil presiden masa jabatan 2024-2029.

Disampaikan juga bahwa jadwal Pemilu diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2023 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Mengacu pada surat tersebut, pemilu 2024 diadakan secara serentak pada Rabu, 14 Februari 2024. **