Tingkatkan Literasi, Dinas Arpus KSB Gelar Lomba Perpustakaan Desa

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) selalu berupaya untuk meningkatkan budaya literasi di tengah masyarakat. Salah satu cara dengan menggelar lomba perpustakaan desa. “Dalam sepekan ini kami menggelar lomba perpustakaan Desa,” ucap Mariati, S.Adm selaku Kabid Perpustakaan.

Lanjut Mariati, lomba perpustakaan desa merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan budaya literasi, perpustakaan desa memiliki peran strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. “Kegiatan ini merupakan program pemerintah dalam meningkatkan literasi di masyarakat, terlebih perpustakaan desa yang memiliki peran strategis dalam mewujudkannya,” lanjutnya.

Dikesempatan yang sama Mariati mengungkapkan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, tugas Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota yakni sebagai pembina berbagai jenis perpustakaan yang ada di wilayahnya. “Seperti perpustakaan desa, salah satu cara mengukur keberhasilan yakni melalui lomba perpustakaan desa terbaik,” ungkapnya.

Terkait hadiah yang akan diberikan kepada perpustakaan desa terbaik, Mariati menyebutkan akan ada hadiah piala dan uang yang akan diberikan setelah proses penilaian berakhir. “Kemungkinan minggu depan akan kami berikan hadiah, berupa piala dan uang setelah rekap nilai selesai,” sebutnya.

Hal penting yang disampaikan Mariati, perlombaan perpustakaan desa diharapkan mampu menjadi lokomotif pergerakan literasi di masyarakat KSB, sebab dengan meningkatnya semangat literasi di desa, dapat meningkatkan pemberdayaan manusia dalam berbagai bidang. “Ambil saja contoh, di perpustakaan desa ada buku-buku tentang ide ata pengembangan bisnis, jika dapat dimanfaatkan tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. **