BAZNAS KSB Realisasikan Insentif Guru Ngaji, TPQ dan Pengurus Masjid

Taliwang, – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (BAZNAS KSB) terus berupaya untuk melakukan pencairan bantuan bagi masyarakat sebelum lebaran Idul Fitri. Salah satu yang sedang diproses adalah insentif khusus bagi guru ngaji, guru Tempat Pembacaan Qur’an (TPQ) dan pengurus masjid.

H M Jafar Yusuf selaku ketua BAZNAS KSB mengatakan, insentif sebagai bentuk Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Guru TPQ, Guru Ngaji dan Pengurus Masjid akan diupayakan proses pencairan pada pekan mendatang. “Insyaallah dalam pekan mendatang sudah ada proses pencairan melalui Bank NTB Syariah,” ucapnya.

Dikesempatan itu Ustad Jafar membeberkan, jika nominal yang akan diberikan kepada para pejuang ilmu islam itu sebesar Rp. 800 ribu, namun yang akan dicairkan untuk semester pertama sebesar Rp. 400 ribu. “Pencairan akan dilakukan dua tahap. Hal itu dilakukan supaya dapat diterima sebelum perayaan lebaran Idul Fitri,” lanjutnya.

Diingatkan Ustad Jafar, pemberian insentif dimaksud adalah program pemerintah KSB melalui BAZNAS, sehingga menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyiapkan anggaran. “Untuk sementara menggunakan anggaran yang tersedia di BAZNAS, karena dana dari pemerintah belum bisa dicairkan dan Untuk memenuhi insentif tahap pertama dimaksud, BAZNAS KSB telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 500 juta,” bebernya.

Terkait dengan ada penerima yang meninggal dunia atau mutasi kepengurusan khusus Masjid atau TPQ, Ustad Jafar mengaku dapat dilakukan revisi kepengurusan setelah dikoordinasikan dengan pihak pejabat terkait. “Jika kepengurusan itu di Masjid Agung maka koordinasi dengan Sekda. Untuk Masjid Besar Kecamatan dengan Camat dan Masjid Jami dengan Lurah serta Masjid Lingkungan dengan Kepala Lingkungan setempat,” urainya.

Ustad Jafar sempat membeberkan juga jadwal pencairan sesuai hasil koordinasi dengan pihak Bank NTB Syariah, dimana pada 1-5 April dengan lokasi Bank NTB Syariah cabang Taliwang akan ada pelayanan untuk pencairan insentif pengurus Masjid Agung Kabupaten, Masjid Besar Kecamatan, Masjid Jami Kekurahan dan semua Masjid Lingkungan. Sementara BANK NTB Syariah KCP Bugis khusus melayani insentif guru ngaji TPQ dan guru ngaji. **