Meriah, Acara Millenial Road Safety Dirangkai Kampanye STBM

Taliwang, – Ribuan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat memadati lapangan depan Masjid Agung Darussalam KTC, Minggu pagi (3/03/19). Masyarakat antusias mengikuti millenial road safety festival dan kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya generasi milenial agar taat berlalu lintas dan hidup bersih serta sehat.

Kegiatan  yang diawali dengan jalan sehat dan senam bersama Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM, Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, ST, Kapolres KSB, AKBP Mustofa, SIK serta sejumlah pejabat lingkup pemerintah KSB. Pada acara itu sendiri dihadiri juga Enda dan Onci yang merupakan pentolan grup band Ungu.

H Pirin sapaan Bupati KSB pada kesempatan itu mengajak masyarakat KSB khusunya generasi milenial untuk tetap berkomitmen dan menaati aturan berlalu lintas. Masa depan KSB ada di tangan generasi muda. “Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan. Generasi milenial juga harus  menjaga diri dengan cara menjauhi pergaulan bebas, narkoba dan pernikahan dini,” katanya.

Bupati juga mengajak masyarakat dan kaum muda mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Ada lima pilar STBM yang harus dilaksanakan, pertama bebas buang air besar sembarangan. Untuk pilar pertama masyarakat KSB telah tuntas buang air besar sembarangan. Pilar kedua adalah cuci tangan pakai sabun, ketiga pengelolaan air-minum rumah tangga, keempat pengelolaan sampah rumah tangga dan pilar kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga. Tugas bersama kedepan adalah melaksanakan pilar kedua sampai kelima.

Sementara Kapolres KSB, AKBP Mustofa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah KSB dan seluruh sponsor yang mendukung acara millenial road safety festival. “Mari kita tertib berlalu lintas khusunya generasi milenial,” ajaknya.

Dalam acara, dua perwakilan kaum milenial membacakan tiga point’ deklarasi road safety, yakni pertama, generasi milenial adalah generasi yang peduli keselamatan berlalulintas. Kedua, generasi milenial mendukung program keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas. Ketiga, generasi milenial siap menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Usai pembacaan deklarasi, Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim dan Sekda masing-masing beserta istri menandatangani deklarasi road safety yang diikuti pejabat lainnya dan masyarakat.

Ditambahkan AKP Suwardi selaku kasubaghumas Polres KSB, Millennial Road Safety Festival 2019 merupakan even nasional yang merupakan inisiasi dari Kapolri yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan korban jiwa. Anak-anak “millennial” dalam hal ini yang berusia produktif usai antara 10-40 tahun adalah sasaran utama acara ini digelar. Untuk wilayah Nusa Tengara Barat (NTB) dilaksanakan secara serentak pada Minggu 3/3, sementara secara nasional akan dilaksanakan pada 31/3. “Melalui even Millennial Road Safety Festival diharapkan untuk menanamkan kesadaran berlalu lintas.  Menaati Peraturan berupa marga jalan,  traffic light dan verboden” jelasnya. **