Bicara Transformasi Layanan Primer, Bupati KSB Temui Kemenkes RI

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dikes), Hj Erna Idawati, SE dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa, telah bertemu langsung dengan Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta. Pertemuan itu untuk membahas Transformasi Layanan Primer di Bumi Pariri Lema Bariri.

Mengawali pertemuan, H Firin sapaan akrab Bupati KSB memaparkan kondisi penanganan kesehatan yang dilaksanakan saat ini, termasuk menguraikan tentang keberadaan fasilitas, tenaga kesehatan dan berbagai program dibidang kesehatan yang menjadi konsen pemerintah.

Dikesempatan itu H Firin juga menyampaikan harapan bisa mendapatkan dukungan dari Kemenkes dalam transformasi kesehatan KSB, baik itu dalam lanjutan pembangunan gedung RSUD As-Syifa beserta alat kesehatan yang memadai dan dukungan pemenuhan alat kesehatan untuk Puskesmas Taliwang II, Puskesmas Brang Ene dan Puskesmas Tongo yang tahun ini akan dibangun. “Kami terus ikhtiar untuk memaksimalkan layanan kesehatan, sehingga sangat berharap dukungan serius dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Dalam pertemuan itu H Firin juga mengurai semua program yang dilaksanakan pemerintah dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, namun semua ikhtiar itu akan direalisasi maksimal jika mendapat dukungan pemerintah pusat melalui Kemenkes.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kunjungan yang dilakukan jajaran pemerintah KSB yang dipimpin langsung seorang Bupati. Hal itu membuktikan ada keseriusan pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan terbaik, termasuk dalam mengintegrasi layanan primer di KSB. ““Insya Allah kami akan memberikan dukungan dan bantuan dalam memaksimalkan program transformasi layanan prima di KSB,” janjinya.

Untuk diketahui, sebelumnya Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU yang didampingi Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj. Sitti Rohmi Djalilah pernah melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Jereweh tepatnya di Posyandu Prima Desa Beru, Posyandu Prima Desa Goa, Posyandu Keluarga Olat Nuri II, dan Puskesmas Jereweh yang dilaksanakan untuk melihat secara langsung pengintegrasian dan direvitalisasikannya pelayanan Kesehatan Primer di 9 Provinsi di seluruh Indonesia, salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat sebagai pilot project program integrasi pelayanan kesehatan primer. **