Hukum

Polres Buka Peluang Generasi Muda KSB Jadi Polisi

Taliwang, – Peluang bagi anak muda di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk menjadi polisi sangat terbuka, lantaran pihak Polres KSB membuka kegiatan bimbingan dan pelatihan bagi yang berminat menggunakan seragam coklat tersebut, bahkan untuk menjadi peserta tanpa dipungut biaya.

Kapolres KSB melalui Kasubbag Humas Polres KSB, AKP Suwardi menyampaikan, jika Polres KSB telah membuat kesepakatan bersama dengan pemerintah KSB, agar bisa melaksanakan bimbingan dan pelatihan bagi generasi muda yang memiliki minat menjadi polisi. “Bimbingan dan pelatihan yang kami laksanakan ini, termasuk sebagai persiapan bagi yang akan mengikuti tes kepolisian,” lanjutnya.

Bimbangan dan latihan yang dilaksanakan itu sendiri, bukan hanya yang berminat menjadi bintara polisi, namun terbuka juga bagi yang akan mengikuti seleksi Akademi Kepolisian (Akpol). “Materi yang disampaikan merupakan tes awal sebelum menjadi anggota Polisi, jadi yang ikut akan memiliki kesiapan saat akan ikut seleksi nantinya,” bebernya.

Polres sendiri sangat berharap calon peserta atau yang akan mengikuti kegiatan itu sendiri cukup banyak, sehingga yang berkesempatan terpilih nantinya pastinya juga banyak. “Saat ini sudah ada 66 peserta yang mengikuti bimbingan dan latihan, dengan rincian, 52 orang laki-laki dan 14 orang perempuan,” ucapnya.

Agar informasi bahwa Polres KSB menggelar bimbingan dan latihan awal sebelum mengikuti seleksi polisi diketahui secara luas, dalam beberapa waktu lalu, telah dilakukan sosialisasi secara langsung di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun pada sekolah kejuruan. “Kami akan terus menggelar kegiatan itu, sehingga semangat membuka kesempatan generasi muda menjadi polisi terbuka luas,” harapnya, sambil mengingatkan bahwa kegiatan yang dilakukan itu adalah pra tahapan dalam rangka menghadapi tes yang sebenarnya, dimana nantinya akan dipusatkan di Mapolda NTB, seperti Tes jasmani, push up hingga pengetahuan Pisikotes. **