Pemerintahan

Ditunggu, Mutasi Pejabat Eselon IV Lingkup Pemerintah KSB

Taliwang, – Pernyataan yang disampaikan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM saat menggelar pengambilan sumpah dan pelatikan pejabat eselon III pada pekan lalu, jika dirinya akan kembali menggelar mutasi khusus eselon IV dalam waktu tidak terlalu lama sangat ditunggu semua pihak, bahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sendiri.

Informasi yang dihimpun media ini, pelaksanaan mutasi khusus eselon IV belum bisa ditetapkan waktunya lantaran Badan Pertimbangan dan Kepangkatan (Bapperjakat) bersama Bupati dan Wabup KSB masih melakukan evaluasi terhadap aparatur yang akan dipercaya memegang jabatan, mengingat ada beberapa jabatan eselon IV yang lowong pasca mutasi beberapa waktu lalu, termasuk ada yang memasuki masa pensiun.

“Pokoknya dalam waktu dekat akan ada pelaksanaan mutasi, jadi tunggu saja waktunya, karena memang pelaksanaan mutasi itu wajib dilakukan agar jabatan yang lowong bisa terisi, termasuk untuk melakukan rolling jabatan,” kata H Pirin sapaan akrab Bupati KSB kemarin.

Diakui juga bahwa penyegaran pejabat dengan pelaksanaan mutasi akan dituntaskan dalam bulan Februari ini, agar semua program yang telah direncanakan dapat mulai dilaksanakan oleh pejabat baru nantinya. “Meskipun akan ada mutasi, pejabat harus tetap melaksanakan tugas pokoknya dalam jabatan sekarang ini, jadi jangan dijadikan alasan tidak bekerja lantaran menunggu mutasi,” katanya.

Sementara H Abdul Azis, MH selaku Sekda KSB juga terlihat menghindar untuk memberikan keterangan soal rencana pelaksanaan mutasi, lantaran kewenangan penuh menjadi milik pemerintah daerah. “Bupati yang memiliki kewenangan untuk menetapkan waktu pelaksanaan mutasi, jadi tinggal ditunggu saja kapan akan dilaksanakan pergeseran pejabat maupun pengisian jabatan lowong atau promosi,” katanya.

Media ini mendapat informasi bahwa mutasi khusus eselon IV akan dilaksanakan pada Jum’at pekan ini, karena Bapperjakat sendiri sudah menyerahkan draf kepada Bupati KSB. **