Sosbud

Pukesmas Maluk Vaksin Wanita Pekerja Cafe

Maluk, – Pukesmas Maluk sangat intens melakukan pengecekan dan pengambilan sampel darah terhadap wanita pekerjaan tempat hiburan malam (Cafe, red). Langkah itu sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus HIV-Aids.

“Sudah menjadi program kami dari Puskesmas Maluk untuk melakukan kegiatan vaksin dan pengambilan sempel darah terhadap para wanita yang bekerja di cafe. Kegiatan itu rutin dilakukan sekali dalam tiga bulan,” kata dr Darmansyah selaku kepala Puskesmas Maluk disela acara pemberian vaksin tersebut.

Masih keterangan Dokter Dar sapaan akrabnya, kebijakan melakukan pemeriksaan dengan pengambilan sampel darah sekali dalam tiga bulan, lantaran informasi dari pihak pengelola jika para pekerja hanya dikontrak dalam waktu tiga bulan, jadi akan diganti oleh pekerja lain yang datang dari luar daerah. “Kami harus memastikan bahwa pekerja yang baru datang itu tidak terjangkit virus yang mematikan tersebut,” lanjutnya.

Diakui juga bahwa tidak mudah bagi pihaknya untuk melakukan pemeriksaan tersebut, tetapi setelah diberikan pemahaman bahwa pengambilan sampel darah penting untuk mendeteksi terhadap berbagai penyakit, terutama HIV-Aids dan raja singa maka program itu mendapat dukungan dari para pemilik usaha cafe. “Kami memang sengaja memperioritaskan pemeriksaan terhadap wanita pekerja cafe, lantaran sangat rentan dengan penyakit yang mematikan tersebut,” akunya.

Jika dalam pemeriksaan itu menemukan ada yang terindikasi, pihaknya akan langsung memberikan pertolongan dan menyampaikan pesan agar rutin melakukan pemeriksaan, termasuk menyampaikan soal adanya gejala penyebaran virus tersebut. “Kami juga menjamin kerahasiaan identitas yang diyakini terinfeksi virus HIV-Aids,” tegasnya.

Sebagai informasi, sedikitnya ada delapan lokasi yang didatangi tim Puskesmas Maluk untuk mengambil sampel darah bagi pekerjanya. **