Pansel Rencanakan Gelar Uji Kompetensi Peserta Seleksi JPTP

Taliwang, – Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan nama yang dinyatakan lulus administrasi terkait dengan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), baik untuk jabatan Inspektur Inspektorat Kabupaten (Itkab), Kepala Kesbangpoldagri dan Staf Ahli Bupati bidang hukum dan pemerintahan. “21 Orang yang ikut mendaftar dinyatakan memenuhi syarat,” kata Drs Tajuddin, Msi selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), saat ditemui media ini dalam ruang kerjanya.
Disampaikan Tajuddin, tahapan yang akan segera dilaksanakan pasca pengumuman hasil seleksi administrasi adalah uji kompetensi. Penyelenggara uji itu sendiri akan dipercayakan pada lembaga yang bersertifikasi atau sesuai yang disyaratkan. “Kami berencana melaksanakan uji kompetensi melibatkan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN),” lanjutnya.
Terkait waktu untuk pelaksanaan uji kompetensi, Tajuddin belum bisa memberikan kepastian, lantaran pihaknya masih melakukan koordinasi untuk menyepakati waktu, tempat dan kesediaan dari pihak Puspenkom. “Kalau Puspenkom BKN bersedia maka akan dibawah mekanis dan waktu pelaksanaan, namun kalau berbenturan jadwal, maka akan mencari lembaga lain yang direkomendasi pihak Puspenkom, lantaran syarat utama bersertifikasi khusus,” ungkapnya.
Masih keterangan Tajuddin, untuk uji kompetensi sepenuhnya diberikan kewenangan kepada pihak penguji, sementara tim pansel yang telah dibentuk memiliki kewenangan untuk memberikan penilaian pada tahapan penulisan dan pemaparan makalah serta wawancara. “Tim pansel yang diketui oleh Sekda KSB memiliki kewenangan untuk menilai saat pemaparan dan penyampaian makalah dan wawancara,” tuturnya.
Dikesempatan itu Tajuddin juga menyampaikan, jika tahapan seleksi bisa saja diawali dengan penulisan dan penyampaian makalah, lantaran sampai sekarang belum ada keputusan terkait dengan lembaga yang akan menjadi mitra dalam tahapan uji kompetensi. “Saya bisa pastikan bahwa jadwal yang pernah diumumkan akan berubah, namun yang pasti semua tahapan itu tetap akan dilaksanakan,” tegasnya.
Meskipun jadwal ada kemungkinan berubah, Tajuddin memastikan bahwa semua peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan akan mengetahui waktu seleksinya, karena akan diumumkan jadwal dan tahapan melalui webside resmi BKD dan pemerintah KSB, termasuk akan melakukan komunikasi langsung dengan yang bersangkutan.
Sebagai informasi, pejabat yang lulus untuk seleksi inspektur Itkab adalah, Amir Syarifuddin, Agus Purnawan, I Made Budi Artha, Ari Hadiarta, Hasanuddin, Muhammad Irwan, Muhammad Saleh, Novrizal Zainsyah dan Syahril.
Untuk jabatan kepala Kesbangpoldagri pejabat yang lulus adalah, Abdul Muis, Beri Hamdan, Kamaluddin, Abdul Hamid, Suryaman, Aku Nur Rahmadin, Noto Karyono dan Dedy Damhudy M Khatim. Sementara untuk jabatan Staf Ahli Bupati bidang hukum dan pemerintahan ada Ahmad Yani, Muhammad Taufiq, Zainuddin dan Ibrahim. **