28 Juli, Dikbud KSB Gelar Kemah Budaya Di Desa Kertasari

Taliwang, – Rencana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat (Dikbud KSB) akan menggelar kemah budaya akan segera terealisasi, lantaran telah menetapkan waktu pelaksanaan pada 28 Juli dengan mengambil lokasi pantai yang berada di Desa Kertasari kecamatan Taliwang.

Sajadah S.Sos, M.Si selaku kabid kebudayaan pada Dikbud yang menjadi penanggung jawab saat dikonfirmasi media ini melalui selularnya mengakui, jika pihaknya sudah memutuskan lokasi pelaksanaan dipantai Kertasari. “Kami sudah melakukan finalisasi peserta serta lokasi dan waktu pelaksanaannya dan semoga tidak ada hambatan,” ucapnya.

Dikesempatan itu Ajad sapaan akrabnya tidak membantah, jika semua peserta bersama panitia direncanakan akan menginap dalam tenda yang sengaja disiapkan panitia. Hal itu untuk membangun keakraban. “Ini kegiatan kemah budaya, jadi aktifitas akan dilaksanakan diluar ruangan, begitu juga tidur dengan fasilitas tenda (kemah, red),” lanjutnya.

Masih penjelasan Ajad sapaan akrabnya, kemah budaya yang akan dilaksanakan dapat dikatakan sebagai ajang kompetisi dalam mengumpulkan bakat-bakat imajinatif dan kreatif dalam menjawab tantangan kemajuan kebudayaan melalui pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics (STEAM) atau revolusi industri 4.0. “Tujuan besarnya untuk mencari inisiatif para pihak supaya kebudayaan kita siap menghadapi tantangan masa depan,” lanjutnya.

Mengingat hasil pembahasan nanti sangat dibutuhkan oleh pemerintah, maka pihak yang akan dilibatkan terdiri dari komponen organisasi kepemudaan, para pelaku budaya, unsur pendidikan serta tidak lupa mengajak para media untuk menjadi peserta. “Peserta yang akan dihadirkan bukan hanya mewakili kelompok, tetapi sangat paham tentang sebuah kebudayaan,” tuturnya. **