Sosbud

Sosialisasi Tuntas, BRIDA KSB Mulai Susun Perbup Berinovasi

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) telah menyatakan tuntas untuk sosialisasi tentang kewajiban Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempersiapkan inovasi kerja.

“Kami sudah melaksanakan sosialisasi serta pemberitahuan kepada semua OPD, agar pada tahun mendatang harus menyampaikan inovasi dalam lingkungan kerja masing-masing sebagai bentuk peningkatan pelayanan dan kinerja,” ucap Agus S.Pd, MM selaku kepala BRIDA KSB saat didampingi Syamsul Hadi, S.Pd selaku sekretaris.

Mengingat sosialisasi sudah dinyatakan tuntas, tahapan yang mulai dilakukan saat ini adalah penyusunan draf Peraturan Bupati (Perbup) sebagai penguat, jika semua OPD memang diwajibkan untuk mempersiapkan inovasi masing-masing. “Dibutuhkan regulasi sebagai penguat bahwa menyiapkan inovasi adalah salah satu tanggung jawab dan tugas dari OPD itu sendiri,” lanjutnya.

Masih keterangan Agus, inovasi kerja itu sendiri diharapkan bukan saja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tetapi juga dari pemerintah kecamatan, Kelurahan, Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD), Puskesmas serta satuan pendidikan. “Semua perangkat pemerintahan akan diwajibkan untuk mempersiapkan inovasi kerja masing-masing,” tandasnya.

Dikesempatan itu Agus juga mengaku jika pihaknya berencana, semua inovasi yang diterima akan dilombakan sebagai bentuk motivasi dalam mempersiapkan inovasi. “Inovasi yang disiapkan bukan sekedar memenuhi kewajiban, tetapi harus menjadi rancangan kerja sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan serta kinerja seluruh aparatur,” tegasnya.

Ditambahkan Syamsul Hadi, setiap inovasi yang disampaikan dari perangkat pemerintahan akan dianalisa serta dievaluasi terlebih dahulu, termasuk pendalaman untuk memastikan bahwa inovasi dimaksud dapat diterapkan secara menyeluruh. “Inovasi yang disampaikan bukan hanya untuk lingkup OPD itu sendiri, tetapi bisa juga akan dilaksanakan pada perangkat lain pemerintahan,” akunya.

Lanjut Burak sapaan akrabnya, meskipun sosialisasi sudah dinyatakan tuntas, jajaran BRIDA KSB masih akan melakukan koordinasi serta komunikasi pada semua OPD. Momentum itu dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi dari pihak yang akan mengusulkan inovasi. “Secara tidak langsung kami membuka posko koordinasi serta komunikasi terkait dengan inovasi yang akan disampaikan pada tahun mendatang,” timpalnya. **