Dinsos KSB Akui Pekan Ini Pencairan Bariri Disabilitas dan Lansia

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengakui, jika pencairan bantuan bagi warga yang Lanjut Usia (Lansia) dan Disabilitas akan dilaksanakan dalam pekan ini, bahkan sudah dijadwalkan mulai pendistribusian pada Selasa 11/4 nanti.

“Semoga tidak ada kendala dalam proses administrasi yang sedang dilakukan ini. Jika memang demikian, maka pendistribusian pencairan untuk tahap awal melalui Bank BNI bisa terealisasi dalam pekan ini,” kata Dilla Adekayanti, SE selaku kabid perlindungan dan jaminan sosial saat dikonfirmasi media ini pada Sabtu 8/4, kemarin.

Dikesempatan itu Dilla sapaan akrabnya mengakui, jika pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bank BNI selaku mitra dalam program bantuan Bariri Disabilitas dan Bariri Lansia, agar dibuatkan jadwal pelayanan bagi penerima bantuan. “Sudah ada rancangan jadwal pelayanan pencairan bantuan Bariri Disabilitas dan Bariri Lansia hasil keputusan bersama antara pemerintah KSB dengan Bank BNI,” lanjutnya.

Hal penting yang disampaikan Dilla, penerima bantuan yang masuk dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) telah dilakukan verifikasi terakhir, sehingga jumlah keseluruhan dari Bariri Disabilitas dan Bariri Lansia sebanyak 2.134 jiwa. “Jumlah penerima adalah hasil verifikasi secara bersama-sama oleh tim dari Dinsos,” tegasnya.

Dilla mengakui ada yang harus tercoret sebagai penerima bantuan, lantaran syarat yang ditetapkan khusus Bariri Lansia ada perubahan, termasuk penghapusan karena yang bersangkutan telah meninggal dunia dan pindah domisili. “Anggaran untuk bantuan ini sebesar Rp. 1,65 miliar lebih,” tutupnya.

Sementara Burhan Daeng Mangago S.Pi, M.Si selaku sekretaris Dinsos KSB berharap bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa membantu kebutuhan dari para penerima, baik yang berstatus lansia maupun disabilitas. “Semoga bantuan yang bisa dicairkan menjelang lebaran ini bisa sangat membantu para penerima dan diharapkan dapat dipergunakan sesuai kebutuhan,” harapnya. **