DPUPR KSB Pastikan Puluhan Paket Pekerjaan Jalan Dituntaskan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memastikan, puluhan pekerjaan peningkatan jalan akan tuntas dalam tahun ini, bahkan ada beberapa lokasi pekerjaan diyakini dalam waktu dekat sudah dapat dinyatakan rampung.

“Memang cukup banyak pekerjaan peningkatan jalan untuk tahun ini, namun tetap diyakini bisa dituntaskan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan, termasuk kualitas yang menjadi perhatian serius DPUPR KSB,” kata Arkamuddin, S.Pi, M.Si selaku sekretaris DPUPR KSB.

Dikesempatan itu Arkam sapaan akrabnya juga mengaku, jika dari penjelasan jajaran yang berada dalam wilayah kerja Bina Marga sebagai penanggung jawab untuk pekerjaan jalan dan jembatan, telah menyampaikan secara langsung kepada para rekanan, kalau DPUPR KSB tidak akan memberikan tambahan waktu untuk penuntasan pekerjaan, kecuali ada force major atau kejadian luar biasa. Hal itu sebagai bentuk keseriusan untuk menyelesaikan semua item pekerjaan.

Sementara Armayadi, ST selaku kabid Bina Marga membeberkan, proses tender dalam rangka penentuan perusahaan pelaksana telah selesai, sehingga para pelaksana itu sudah memulai untuk bekerja pada lokasi masing-masing. “Pekerjaan jalan tidak akan menghabiskan waktu terlalu banyak, jadi sangat yakin bisa rampung sebelum akhir tahun ini,” tegasnya.

Ruas jalan yang dikerjakan dalam tahun ini terdiri dari, Rempe-Seloto dengan alokasi anggaran sebesar Rp. Rp 18,9 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kemudian ada ruas jalan Undru Kota Taliwang dengan pagu anggaran sebesar Rp. 14,9 miliar. “Untuk ruas jalan rempe-seloto itu merupakan lanjutan dari pekerjaan DAK fisik pusat,” terangnya.

Sebagai informasi lain, pekerjaan jalan yang juga akan dituntaskan adalah jalan dalam Kota Taliwang dan jalan desa Sermong senilai Rp 9,9 miliar, jalan Desa Tongo, Desa Desa Ai Kangkung dan jalan Desa Tatar dengan nilai pagu proyek mencapai Rp 8,3 miliar. Jalan Desa Lamunga-Kelurahan Bugis-Kelurahan Telaga Bertong dan jalan Desa Kertasari senilai Rp 5,4 miliar. Jalan Desa Moteng-Lang Pasir-Sapugara Bree-Desa Tepas-Desa Beru-Desa Sepakat-Desa Seminar Salit-Desa Rarak Ronges dan Desa Bangkat Monteh dengan pagu dana Rp 10,1 miliar. 

Ada juga jalan Desa Meraran-Desa Seran, Desa Rempe Beru-Rempe Loka dan Ai Suning-Seran dengan pagu dana Rp 4,9 miliar. Jalan lingkar Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano-jalan Desa Kokarlian dan jalan Pura Kokarlian pagu dana yang disiapkan untuk menuntaskan jalan ini mencapai Rp 9,7 miliar, termasuk jalan Bukit Tinggi-Moteng, jalan Desa Beru-Seloto dan jalan lingkar selatan Brang Rea pagu dana untuk proyek ini mencapai Rp 4,8 miliar. **