Program Sosialisasi ZIS Milenial, Baznas KSB Siap Datangi Sekolah

Taliwang, – Dalam rangka menyebarkan pengetahuan tentang Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), termasuk mengajak untuk melaksanakan kegiatan ibadah tersebut, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (Baznas) akan melaksanakan program ‘ZIS Milenial’ secara terstruktur.

Program ZIS Milenial yang direncanakan itu adalah, kegiatan sosialisasi dalam rangka memberikan pengetahuan tentang ZIS kepada para pelajar yang berada pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara yang menjadi narasumber adalah pelajar yang direkrut Baznas KSB.

“Salah seorang penyuluh dalam sosialisasi tentang ZIS adalah pelajar setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan pernah menjadi juara dalam lomba pidato yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, serta diyakini telah menguasai materi tentang ZIS,” ucap H M Jafar Yusuf, S.Sos selaku ketua BAZNAS KSB melalui keterangan resminya.

Masih keterangan Ustad Jafar sapaan akrabnya, Baznas KSB sengaja menggandeng pelajar sebagai penyuluh/Daiyah, agar ilmu tentang ZIS itu sendiri bisa diserap dengan baik dan nantinya dapat menggugah kesadaran dari pelajar itu sendiri. “Baznas KSB bukan hanya mengumpulkan dan mengelola ZIS, tetapi juga memperkenalkan ZIS kepada semua pihak, termasuk para pelajar,” lanjutnya.

Mengingat satuan pendidikan (Sekolah) yang akan dikunjungi tidak sedikit, maka Baznas KSB telah membentuk 5 tim dengan wilayah tujuan yang berbeda. Dimana dirinya menjadi ketua TIM 1, kemudian H Firmansyah sebagai ketua TIM 2, Arham sebagai ketua TIM 3 dan H Tabrani sebagai ketua tim 4 serta Ir. Ramli Serbini sebagai ketua tim 5. “Saya dengan semua wakil ketua langsung menjadi koordinator tim sosialisasi ZIS Milenial dan dalam tim itu sendiri ada dai milenial,” akunya.

Dikesempatan itu Ustad Jafar mengakui, jika program sosialisasi ZIS Milenial dengan mendatangi sekolah adalah Rencana Kerja Anggaran Tahun (RKAT) Baznas 2023. “Kegiatan ZIS milenial akan mulai dilaksanakan pada pekan mendatang, 26-27 Oktober. Penjadwalan kegiatan itu penting, agar pekerjaan rutin para pimpinan Baznas KSB beserta sekretariat tetap berjalan seperti biasa,” tutupnya. **