Baznas KSB dan Bank NTB Syariah Pastikan Distribusi Dana Bantuan FM.332 Lancar

Taliwang, – Badan Amin Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (Baznas KSB) bersama pihak Bank NTB Syariah memastikan, pendistribusian dana bantuan bagi masyarakat yang tergolong Fakir Miskin dan masuk dalam data FM 332 berjalan lancar, karena persoalan yang muncul bisa langsung ditangani.

“Sesuai hasil pengawasan dan pemantauan saat transaksi pencairan melalui Bank NTB Syariah, jika persoalan yang muncul bisa ditangani saat itu juga, sehingga semua proses dapat berjalan lancar dan semoga bisa tuntas dalam pekan ini,” ucap H M Jafar Yusuf S.Sos selaku ketua Baznas KSB, saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Persoalan yang muncul saat proses pencairan adalah, penerima mengaku telah hilang buku rekening awal, sehingga pihak Baznas melakukan koordinasi dengan Bank NTB Syariah untuk dapat dilakukan pergantian. “Pergantian buku rekening bisa juga dilayani oleh pihak Bank NTB Syariah, sehingga proses pencairan tetap dapat dilaksanakan,” lanjutnya.

Sementara masalah penerima yang telah meninggal dunia (suami), maka Baznas KSB telah mengantisipasi dengan membuat kebijakan khusus, dimana istri dapat melampirkan Kartu Keluarga (KK) yang dijadikan bukti. “Selain ada surat keterangan meninggal, istri penerima juga diminta melampirkan kopian KK dan Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ungkapnya.

Masih keterangan Ustad Jafar sapaan akrabnya, untuk memudahkan penyaluran dana yang hampir mencapai Rp. 600 juta, dimana dengan jumlah penerima sebanyak 1.293 orang dan masing-masing mendapatkan Rp. 400 ribu, Baznas KSB dengan Bank NTB Syariah bersepakat menggunakan areal Bank NTB Syariah Cabang Taliwang, Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bugis dan KCP Maluk. “Penerima bantuan adalah yang ditetapkan melalui keputusan Bupati dengan mengacu data dari Dinas Sosial (Dinsos),” bebernya.

Yan Kaswi Saleh, SE selaku Branc Manager Bank NTB Syariah cabang Taliwang KSB mengaku, jika pihaknya memberikan layanan terbaik dalam proses pencairan dana bantuan FM 332, termasuk menyiapkan fasilitas khusus. “Kami selalu memberikan pelayanan kepada nasabah, termasuk pada para penerima bantuan dari Baznas KSB dengan tidak mengantri bersama dengan nasabah umum atau disiapkan lokasi layanan lain,” akunya.

Layanan terbaik yang diberikan bukan hanya kepada penerima bantuan melalui Bank NTB Syariah cabang Taliwang, tetapi juga yang terjadwal pencairan pada Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bugis dan KCP Maluk. “Pelayanan kami berikan sama dan tetap diupayakan yang terbaik,” tegasnya. **