Pemerintah KSB Tetapkan MUI Dan Baznas Tempat Donasi Palestina

Taliwang, – Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah menanda tangani surat edaran bernomor 5967KESRA/XII2023 tentang himbauan penyaluran donasi kemanusiaan untuk palestina, dimana menetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai tempat penyaluran donasi untuk Palestina.

“Pemerintah KSB memiliki komitmen kuat untuk membantu warga Palestina. Hal itu dibuktikan dengan menunjuk MUI dan Baznas sebagai pengumpul donasi, supaya penyaluran dapat dipertanggung jawabkan,” kata Dr TGH Burhanuddin selaku ketua MUI KSB saat dikonfirmasi media ini melalui selularnya, kemarin.

Dikesempatan itu TGH Bur sapaan akrabnya mengingatkan, bagi kelompok masyarakat atau perorangan yang tetap ingin berdonasi dapat mendatangi langsung MUI atau Baznas KSB atau bisa dihubungi supaya dijemput. “Donasi untuk Palestina tidak pernah berhenti. Hal itu yang membuat pemerintah KSB membuat surat edaran,” lanjutnya.

Terkait dengan donasi yang sudah dikumpulkan, TGH Bur mengaku nominalnya sudah sangat luar biasa, terutama saat pelaksanaan tabligh akbar yang dilaksanakan dalam areal perkantoran Kemutar Telu Center (KTC), dimana hampir mencapai Rp. 1,2 miliar. “Ayo kita terus menyisihkan rizki untuk membantu keluarga muslim di Palestina,” ajaknya.

Update donasi terbaru yang telah berhasil dikumpulkan saat menghadirkan Syeikh Saeb Helles asal Palestina yang merupakan pembina yayasan darul itqam dan juga Imam Masjid Besar Al Khadra, jika telah diterima uang cash sebesar Rp. 39 juta lebih ditambah dengan komitmen sebesar Rp. 52 juta lebih. “Saat tabligh akbar dalam Masjid Agung Darusallam, berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 92 juta lebih,” urainya.

Donasi juga diterima dari aliansi serta wali siswa sebesar Rp. 31 juta, kemudian dari wilayah Desa Tapir berhasil terkumpul sementara sebesar Rp. 4,8 juta dari komitmen sebesar Rp. 12 juta lebih. “Masih ada beberapa kelompok dan satuan pendidikan yang berencana menyerahkan donasi, sehingga belum bisa diumumkan untuk total keseluruhan,” tandasnya sambil mengatakan tetap akan melakukan update sebagai bentuk laporan. **